Minggu, 28 April 2013

Cara Menyimpan Buah Yang Tepat Agar Tetap Terjaga Nutrisinya

Cara Menyimpan Buah Yang Tepat Agar Tetap Terjaga Nutrisinya adalah solusi terbaik untuk menghemat pengeluaran anda yang terbuang sia-sia karena membeli buah yang tidak sempat dimakan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan seluruh keluarga, dari cara medis (dengan bantuan dokter dan supplement vitamin) dan cara alami seperti menjaga asupan nutrisi dan makanan. Dari kedua cara ini, cara alami dengan menjaga asupan nutrisi dan makanan adalah cara yang terbaik karena didalam buah terkandung banyak nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun buah-buahan adalah jenis makanan yang mudah hilang nutrisinya apabila disimpan sedikit lama; dan sedangkan mungkin anda tidak banyak waktu untuk sering membeli buah-buahan untuk keluarga anda. Jika memang seperti ini, maka solusi terbaik bagi anda adalah dengan menyimpan buah dengan cara yang benar, dimana nutrisi dan vitamin buah yang anda konsumsi tetap terjaga. Cara untuk menyimpan buah ini terutama akan sangat bermanfaat bagi anda yang sibuk dan memang tidak sempat membeli buah setiap hari.

 Cara Menyimpan Buah Yang Tepat Agar Tetap Terjaga Nutrisinya memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan –bila anda tidak melakukan penyimpanan dengan benar, maka kemungkinan besar kandungan vitamin dan nutrisi lain dalam buah akan hilang. Yang perlu anda ketahui dalam penyimpanan buah ini adalah: berbeda buah, terkadang berbeda pula cara penanganannya. Beberapa jenis buah yang umum dikonsumsi adalah apel dan pir. Apabila anda ingin menyimpan beberapa buah apel atau pir selama beberapa hari, ada baiknya bila anda menyimpannya di tempat yang ada ventilasi dan dingin. Dengan penyimpanan yang benar, kedua jenis buah ini bahkan bisa bertahan sampai dua atau tiga bulan. Namun sebelum menyimpan apel dan pir di dalam ruang pendingin dengan ventilasi, anda harus memastikan bahwa tidak ada memar. Walaupun sedikit, memar pada kedua jenis buah ini bisa mempercepat pembusukan; oleh karena itu, sangat disarankan agar anda menyimpan apel dan pir yang benar-benar segar. Atau, apabila anda tidak berencana untuk menyimpan apel dan pir selama berbulan-bulan, maka sedikit memar tidak jadi masalah.

Jenis buah lain yang bisa anda simpan dalam waktu beberapa hari adalah buah alpukat. Untuk menyimpan alpukat, dan tetap menjaga nutrisinya cukup mudah. Anda hanya harus membungkus alpukat dalam bungkus kertas, dan menyimpannya di suhu ruangan; atau untuk lebih awetnya, anda bisa menyimpannya di lemari pendingin. Pastikan anda tidak menyimpan alpukat bersamaan dengan apel, karena buah apel akan mempercepat proses pembusukan alpukat –inilah sebabnya mengapa menyimpan apel dan alpukat akan mempercepat proses pematangan buah alpukat. Jenis buah lain adalah mentimun –yang terkadang diklasifikasikan sebagai sayuran. Untuk menyimpan mentimun, anda harus membungkusnya dengan semacam handuk yang lembab, dan memasukakannya ke dalam lemari pendingin. Untuk menyimpan buah lunak seperti cherry atau berry, anda membutuhkan sebuah container plastic khusus yang kedap udara. Apabila anda penyuka jeruk, anda tidak perlu khawatir karena jeruk adalah jenis buah yang tidak membutuhkan penanganan khusus dari Cara Menyimpan Buah Yang Tepat Agar Tetap Terjaga Nutrisinya.

Semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar